Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries, but also the leap into electronic typesetting, remaining essentially unchanged. It was popularised in the 1960s with the release of Letraset sheets containing Lorem Ipsum passages, and more recently with desktop publishing software like Aldus PageMaker including versions of Lorem Ipsum.

Selasa, 19 November 2013

Memperoleh Informasi dari Teks Berita


Teks berita yang sering dan banyak kita temukan dalam koran, pasti memberi informasi yang terjadi pada saat itu. Lalu, bagaimana cara kita mencari informasi dari teks berita yang telah kita baca?
Rumusnya adalah, 5W+1H (What, When, Where, Who, Why, How).
Bacalah teks berita yang diperoleh dari koran Radar Malang, 29 Oktober 2013 berikut!
  
Wali Kota dan Kapolres Pukul Anggota Satpol PP

KOTA BATU – Suasana upacara peringatan Sumpah Pemuda di Stadion Brantas Kota Batu yang sebelumnya berjalan khidmat tiba-tiba berubah menegangkan. Itu setelah Wali Kota Batu Eddy Rumpoko (ER) dan Kaplores Batu AKBP Windiyanto Pratomo tiba-tiba mengambil batangan besi.

            Usai memegang batangan besi, kedua pucuk pimpinan di Kota Batu tersebut llangsung mendatangi salah satu anggota Satpol PP Kota Batu, Wahyu Puji. Tak banyak bicara, klakkkkk !  Kedua tokoh tersebut langsung menghantamkan batangan besi itu ke lengan kanan dan lengan kiri Wahyu yang sebelumnya sudah membentang.

            Wali Kota Batu Eddy Rumpoko tak sekali saja memukul Wahyu. Pukulan pertamanya tak bisa melukai Wahyu. Baru di pukulan kedua, besi yang dipukulkan ER tersebut patah. ER sempat bergidik. Namun akhirnya dia lega karena tak ada luka sedikitpun di tubuh Wahyu Puji.

            Atraksi di aras adalah atraksi yang ditunjukkan Satpol PP usai upacara peringatan Sumpah Pemuda. ER memberi apresiasi khusus kepada Satpol PP setelah SKPD pimpinan Robiq Yunianto tersebut menjadi juara umum dalam kegiatan Jambore XI Pemprov Jatim 2013 di Bendungan Selorejo, Ngantang,yang berakhir Kamis (24/10) lalu.

            Kepala Satpol PP Kota Batu Robiq Yunianti menjadi juara umum setelah merengkuh tiga gelar. Yaitu juara I lomba tupoksi Satpol PP, lomba kerapian dan kebersihan tenda, dan lomba bela diri menggunakan tongkat.

            Bukan hanya itu, Satpol PP Kota Batu juga mendapatkan atribut baru. Yaitu, berupa tongkat komando yang akan dibawa kepala Satpol PP. (did/lia)

Nah, mari kita mulai dengan berbagai pertanyaan 5W+1H!

1. What?
Apa masalah yang terjadi dalam teks berita di atas?
Masalah yang menjadi topik artikel tersebut adalah pemukulan anggota Satpol PP (Wahyu Puji) oleh Wali Kota Batu (Eddy Rumpoko) dan Kapolres Kota Batu (AKBP Windiyanto Pratomo).
2. When?
Kapan masalah tersebut terjadi?
Pada tanggal 28 Oktober 2013, saat kegiatan peringatan Sumpah Pemuda.
3. Where?
Dimana masalah tersebut terjadi?
Kejadian itu terjadi di Stadion Brantas Kota Batu.
4. Who? 
Siapa saja yang terlibat?
Anggota Satpol PP (Wahyu Puji) oleh Wali Kota Batu (Eddy Rumpoko) dan Kapolres Kota Batu (AKBP Windiyanto Pratomo), serta para peserta upacara.
5. Why?
Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
Atraksi tersebut dilakukan sebagai bentuk apresiasi khusus kepada Satpol PP Wahyu Puji karena telah memperoleh juara umum dalam kegiatan Jambore JAtim 2013.
6. How?
Bagaimana kronologis peristiwa tersebut?
Suasana upacara peringatan Sumpah Pemuda yang sebelumnya berjalan khidmat tiba-tiba berubah menegangkan. Itu setelah Wali Kota Batu Eddy Rumpoko dan Kaplores Batu AKBP Windiyanto Pratomo tiba-tiba mengambil batangan besi dan memukulkannya pada lengan Wahyu Puji hingga patah.

5W+1H memudahkan kita dalam mnecari informasi penting dalam berita. Mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar