Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries, but also the leap into electronic typesetting, remaining essentially unchanged. It was popularised in the 1960s with the release of Letraset sheets containing Lorem Ipsum passages, and more recently with desktop publishing software like Aldus PageMaker including versions of Lorem Ipsum.

Rabu, 11 Juni 2014

Klausa dan Kalimat

Klausa dan Kalimat
Apa itu Klausa? Apa itu Kalimat?


Klausa membentuk kalimat :
Saya belajar [klausa] Saya belajar. [kalimat]
Masak sayur [klausa] Ibu masak sayur. [kalimat]
Saya pergi ke pasar [klausa] Saya pergi ke pasar. [kalimat]
Klausa minimal mengandung Subjek dan Predikat, walau kadang yang ditentukan hanya melalui Predikat (Tidak apa walau tanpa Subjek).
Kalimat minimal mengandung Subjek, Predikat, dan intonasi final (tanda baca).

Klausa, dibedakan menurut Struktur dan Kategori kata yang menjasi unsur pusat
Struktur, dibagi menjadi 2, yaitu
  1. Terikat, tidak berpotensi menjadi kalimat dan harus ditambah dengan Subjek dan tanda baca. Contoh : “Masak sayur” [klausa terikat] diubah menjadi “Ibu masak sayur.” [kalimat]
  2. Bebas, berpotensi menjadi kalimat (hanya perlu ditambah tanda baca). Contoh : “Aku baru mandi” [klausa bebas] diubah menjadi “Aku baru mandi.” [kalimat]
Kategori kata yang menjadi predikat, dibedakan menjadi 5 :
  1. Klausa Nominal (K. Benda) : Saya siswa
  2. Klausa Adjektival (K. Sifat) : Saya manis
  3. Klausa Verbal (K. Kerja) : Saya lari
  4. Klausa Numeral (K. Bilangan) : Saya seorang diri
  5. Klausa Adverbial (K. Keterangan) : Saya di Samarinda

Kalimat, dibagi menjadi 9 :
  1. Intonasi
  • Deklaratif (berita) : Rumah korban terbawa arus.
  • Interogatif (tanya) : Bagaimana keadaan rumah korban?
  • Imperatif (perintah) : Selidiki keadaan rumah korban!
  1. Kategori kata yang menjadi predikat
  • Kalimat Nominal (K. Benda) : Beliau bupati kabupaten Kepanjen.
  • Kalimat Adjektival (K. Sifat) : Ibuku seorang yang manis.
  • Kalimat Verbal (K. Kerja) : Petani sibuk mencangkul di sawah.
  • Kalimat Numeral (K. Bilangan) : Ada tikus tiga ekor.
  • Kalimat Adverbial (K. Keterangan) : Saya di Samarinda.

  1. Kelengkapan
  • Kalimat lengkap : Ayah bekerja di kantor.
  • Kalimat tidak lengkap : Ada apa? (Strukturnya tidak lengkap, tidak ada subjek/predikat)
  1. Jumlah klausa
  • Kalimat tunggal : Saya baru datang.
  • Kalimat majemuk : Ani berbelanja dan menyikat sepatu. (terdapat konjungsi)
  1. Letak subjek predikat
  • Normatif (S-P) : Kucingku tercebur sumur.
  • Inversi (P-S) : Usir dia!
  1. Kontur
  • Kalimat pendek : Andi tidur di ranjang.
  • Kalimat panjang : Andi yang berbaju tidur itu tidur di ranjang. (diberi penjelasan)
  1. Transformasi
  • Inti : Aku menjenguk nenek bersama Pochi.
  • Non inti : Bersama Pochi, aku menjenguk nenek.
  1. Konjungsi
Terdapat konjungsi penjumlahan, pemilihan, urutan, perlawanan, ket. waktu, syarat, konsesif, ket. tujuan, dan perbandingan.

-Majemuk Setara:
1.Penjumlahan : Kau pergi ke sekolah dan aku akan menyusulmu.
2.Pemilihan : Aku yang pergi atau kau yang datang?
3.Urutan : Tunggu 15 menit lalu dinginkan
4.Perlawanan : Bukan disiram, melainkan diberi pupuk.

-Majemuk bertingkat:
1.Waktu : Aku membeli baju ketika kau kehilangan satu.
2.Syarat : Poppo akan makan asalkan itu enak.
3.Tujuan : Hidup itu harus diperjuangkan supaya kau bahagia.
4.Konsesif : Dia tetap cantik biarpun tidak memakai make up.
5.Perbandingan: Ibarat kaca, sekali pecah dikembalikanpun tetap menyisakan retakan.

  1. Sifat hubungan klausa-klausa
  • Kalimat majemuk setara, menggunakan konjungsi penjumlahan, pemilihan, urutan, perlawanan. Contoh : Setelah itu Ari marah kemudian Eny pergi keluar.
  • Kalimat mejemuk bertingkat : menggunakan konjungsi ket. waktu, syarat, konsesif, ket. tujuan, dan perbandingan. Contoh : Dia cantik bagaikan bunga mawar.

0 komentar:

Posting Komentar